Terasi atau yang lebih dikenal dengan nama belacan, mungkin sudah tidak asing di telinga masyarakat Kabupaten Belitung. Belacan dari Belitung merupakan olahan fermentasi yang dibuat dari ikan dan/atau udang rebon hasil laut tangkapan nelayan, serta memiliki cita rasa yang khas dibanding daerah lain yang saat ini sudah menjadi produk industri rumahan di Kabupaten Belitung.

Produk Belacan hasil industri rumahan ini dipasarkan melalui galeri UMKM yang ada di Kabupaten Belitung, dan juga berbagai daerah di Sumatera maupun pulau Jawa.

Dalam rangka pengembangan pasar produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Belitung menuju ke pasar global. Bupati Belitung dan Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung yang mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung berdiskusi dengan Duta Besar Indonesia untuk Afrika Tanzania dan Asisten Deputi Hubungan Internasional Eropa, Afrika, dan Timur Tengah. Disampaikan pada pertemuan tersebut mengenai kondisi profil UMKM yang layak dipasarkan ke pasar global antara lain produk terasi/belacan Belitung, makanan ringan khas Belitung (krispi, pilus, rumput laut, serta produk khas Belitung lainnya) yang sudah tersertifikasi dan dikenal dikalangan masyarakat nasional yang merupakan produk unggulan.

Duta besar Indonesia untuk Tanzania menyampaikan peluang besar ekspor produk UMKM Belitung untuk dipasarkan di Negara Afrika Tanzania sangat terbuka dan pihak Kedutaan Besar RI siap untuk membantu memfasilitasi kemitraan antara pelaku usaha UMKM dengan pelaku usaha di Tanzania. Produk UMKM tersebut layak dipasarkan di Afrika khususnya Tanzania diharapkan untuk mengawali promosi produk unggulan UMKM tersebut disarankan agar Pemerintah Kabupaten Belitung dapat mengikuti ajang promosi pada setiap even/festival di Tanzania. Untuk mensukseskan kemitraan ini pihak Kementerian Perekonomian RI siap mendorong dan membantu untuk mensukseskan penjajakan akses pasar untuk menjual produk unggulan UMKM Belitung menuju Negara Afrika Tanzania tersebut.

Untuk itu Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung perlu untuk mempersiapkan diri segala sesuatu terhadap kualitas produk unggulan UMKM Belitung. Prinsipnya bukan hanya satu produk yang akan dipromosikan namun juga produk unggulan lain pun akan diupayakan. Sehingga produk khas Belitung khususnya Belacan Belitung dapat dikenal hingga internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

ten + twenty =