Kabupaten Belitung sebagai salah satu Destinasi Wisata memiliki berbagai keanekaragaman dan keunikan tersendiri bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Belitung. Kecamatan Sijuk menjadi salah satu lokasi objek wisata yang sangat menarik untuk dapat dikunjungi wisatawan. Pengembangan Desa Sijuk sebagai Desa Wisata memerlukan keterlibatan masyarakat untuk 10 Destinasi Wisata Prioritas menjadi salah satu tema yang diusung dalam Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan oleh Bappeda pada tanggal 20 September 2018 yang bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Camat Sijuk. Acara tersebut diselenggarakan melalui kerja sama dengan Universitas Indonesia Jakarta Program Kemitraan Pengabdian Kepada Masyarakat dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Program Studi Arkeolog.

Hadir sebagai Narasumber dalam acara tersebut Dr. Irmawati Marwoto dari Universitas Indonesia, Beliau sangat memberikan apresiasi khususnya Kecamatan Sijuk dalam menggali potensi sumber daya alam serta sosial budaya dalam pengembangan Desa Wisata Hijau Sijuk. Keterlibatan berbagai komunitas yang ada di Kecamatan Sijuk sangatlah berperan dalam mendukung Desa Sijuk sebagai Green Land yang menjadi salah satu tujuan dan daya tarik Wisata. Salah satu nya dengan pelestarian terhadap Keberadaan Rumah Tua sebagai bagian dari Desa Wisata Sijuk.  Kegiatan yang telah dilakukan antara lain dengan melakukan renovasi maupun pengecatan ulang terhadap Rumah Tua tersebut tanpa menghilangkan bentuk asli dan keunikannya.

Kontribusi Pemerintah dan masyarakat sangat berperan dalam kemajuan dan pengembangan Desa Wisata Sijuk baik itu dalam bentuk kebijakan maupun anggaran yang jelas. Peran serta pihak swasta dan BUMN juga sangat diperlukan serta peran nyata Perguruan Tinggi dan Swasta dan juga masyarakat dalam menjaga nilai-nilai sosial, budaya ,sejarah serta sapta pesona karena dengan dukungan berbagai aspek maka Desa Sijiuk akan memiliki nilai tambah dalam memajukan tingkat perekonomian masyarakatnya. (Perencana Pertama Bappeda Kab. Belitung. Rini, SE)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

12 + one =