Untuk meningkatkan dan mengoptimalkan kegiatan penelitian dan pengkajian di Kabupaten Belitung, khususnya dalam pengembangan geosite-geosite dibutuhkan berbagai kegiatan peneltian dan pengkajian. Terbatasnya dana dan sumber daya manusia, terutama peneliti seringkali menyulitkan lembaga litbang didaerah untuk melakukan kegiatan penelitian sehingga dibutuhkan bantuan pihak lain untuk melaksanakan kegiatan ini.

Berbagai potensi geologi, alam, budaya, biodiversity, yang terdapat di seluruh geosite yang ada di Geopark Belitong, masih menunggu kajian dan penelitian ilmiah terhadap seluruh potensi yang dimiliki. Hal ini menjadi penting jika kedepan Geopark Belitung dijadikan sebagai tempat tujuan wisata edukasi. Seluruh potensi tentu saja harus diuraikan dengan ilmiah. Untuk inilah dibutuhkan banyak penelitian dan kajian untuk seluruh geosite.

Bersamaan pada kegiatan penyusunan Dosier Geopark, Pada tanggal 11 Oktober 2018  dilakukan juga penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS), antara Badan Pengelola (BP) Geopark dengan Institut Pertanian Bogor(IPB). Penandatanganan antara Ketua Umum BP Geopark Belitong dengan Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB di Bogor. Dengan harapan kegiatan serupa dapat lebih dikuatkan lagi ke depan dengan Master Of Understanding (MOU) dengan pihak IPB sehingga dimungkinkan pelaksanaan kegiatan bersama dengan fakultas lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 × 3 =